Konsep Dan Bentuk Komunikasi


Designed by pikisuperstar / Freepik







PENDAHULUAN 
Komunikasi, banyaknya definisi komunikasi yang dibuat oleh para pakar dengan latarbelakang dan persfektif yang berbeda dapat menimbulkan kebingungan, tentunya jika hal ini tidak dipahami dengan benar terutama mengenai hakekat komunikasi antar manusia. Tetapi apapun istilahnya, bila kita berpijak pada objek formal ilmu komunikasi dan memahami ruang lingkupnya, semua istilah itu dapat diberi pengertian secara jelas. Dalam berinteraksi,manusia membutuhkan kemampuan berkomunikasi agar apa yang ingin disampaikan dapat diterima orang lain. Seorang bidan wajib memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik mengingat dalam melaksanakan tugasnya, bidan harus berinteraksi langsung dengan kliennya. 


TUJUAN
Setelah mempelajari kegiatan belajar I mahasiswa mampu : 
1. Menjelaskan tentang pengertian komunikasi 
2. Menjelaskan tentang unsur-unsur komunikasi 
3. Menjelaskan tentang komponen komunikasi 
4. Menjelaskan tentang model komunikasi 
5. Menceritakan tentang proses komunikasi 
6. Menjelaskan tentang faktor yang mempengaruhi komunikasi 
7. Menjelaskan tentang komunikasi pribadi 
8. Menjelaskan tentang komunikasi kelompok 

9. Menjelaskan tentang komunikasi massa 


URAIAN MATERI 
1. Pengertian Komunikasi 
Sebelum Anda mempelajari lebih jauh tentang komunikasi, pada pokok bahasan ini Anda diwajibkan untuk mengenal istilah-istilah komunikasi. Komunikasi berasal dari kata berikut ini. 

Kata komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih, communico yang artinya memberi.Komunikasi adalah suatu proses interaksi manusia dengan berbagai bentuk/cara untuk menyampaikan informasi atau tujuan tertentu. Komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi adalah pernyataan manusia, pernyataan tersebut dapat dilakukan dengan kata-kata tertulis ataupun lisan di samping itu dapat dilakukan juga dengan isyarat-isyarat atau symbol-simbol (Dalami dkk, 2009). 
Pengertian Komunikasi menurut beberapa ahli : 

  1. Taylor (1993) mengemukakan komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau proses yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti, berarti dalam komunikasi terjadi penambahan pengertian antara pemberi informasi dengan penerima informasi sehingga mendapatkan pengetahuan. 
  2. Burgess (1988) mengemukakan komunikasi adalah proses penyampaian informasi, makna, dan pemahaman dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Hal ini berarti penerusan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan dalam komunikasi.
  3. Yuwono (1985) mengemukakan komunikasi adalah kegiatan mengajukan pengertian yang diinginkan dari pengirim informasi kepada penerima informasi dan menimbulkan tingkah laku yang diinginkan penerima informasi.
  4. Sarah Trenholm dan Arthur Jensen (1996:4) komunikasi adalah suatu proses dimana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui beragam saluran). 
  5. Hoveland (1948:371) komunikasi adalah proses dimana individu mentransmisikan stimulus untuk mengubah perilaku individu yang lain). 
  6. Gode (1969:5) komunikasi adalah suatu proses yang membuat kebersamaan bagi dua atau lebih yang semula monopoli oleh satu atau beberapa orang. 
  7. Raymond s. Ross (1983:8) mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol- simbol sedemikian rupa, sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh sang komunikator. 
  8. Everett M. Rogers dan Lawrence Kincaid (1981:18) menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam. 
  9. Bernard Berelsin dan Gary A. Steiner (1964:527) komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya, dengan menggunakan simbol- simbol, dan sebagainya. 
  10. Shannon dan Weaver (1949) komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak disengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi. 
Melihat banyaknya pengertian komunikasi tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwa komunikasi. merupakan seni penyampaian informasi (pesan, ide,sikap/gagasan) dari komunikator untuk mengubah/ membentuk perilaku komunikan (pola, sikap, pandangan, dan pemahaman) ke pola pemahaman yang dikehendaki bersama. 

Komentar

  1. Nama :Alma Tiana
    Nim. :201326110015

    BalasHapus
  2. Nama:windi indah saputri
    Nim:201326110042

    BalasHapus
  3. M.FARHAN AS SALAMI
    NIM :201326110022
    Prodi Ars
    Saya mau tanya bu tentang komunikasi

    Bagimana cara memperbaiki komunikasi menjadi lebih efektif ?

    BalasHapus
  4. Nama:Muhammad ilham saputra
    Nim:201326110028


    Menurut pemahaman saya komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh penyampai atau pengirim pesan kepada penerima pesan yang berisi informasi untuk memberitahu atau untuk mengubah sikap, perilaku, atau pendapat,baik langsung secara lisan, atau pun tak langsung melalui media seperti surat kabar, majalah, radio, atau televisi.
    Memahami komunikasi memang bukanlah hal yang mudah, karena dibutuhkan penjelasan dan pemahaman agar apa yang kita sampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh orang lain,sehingga apa yang kita kehendaki dapat tersampaikan. Begitu banyak definisi mengenai komunikasi yang telah dikemukakan oleh para ahli diatas dan tidak mungkin kita bisa memahami semua definisi diatas secara cpt atau instan maka diperlukan proses dan kesabaran dalam memahami sesuatu.

    Mungkin cukup sekian komentar dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf wassalam.....

    BalasHapus
  5. M.FARHAN AS SALAMI
    NIM:201326110022
    PRODI ARS
    Menurut pendapat saya komunikasi adalah Komunikasi adalah "suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain"

    BalasHapus
  6. Mellyana
    NIM:201326110026

    Menurut pendapat saya komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan.

    BalasHapus
  7. Nama: Nata Ricky Arya
    Nim: 201326110032
    Prodi ARS

    BalasHapus
  8. Nama:Muhammad Irpani
    Nim:201326110029
    PRODI ARS
    Menurut saya komunikasi merupakan seni penyampaian informasi (pesan,ide,sikap/gagasan)

    BalasHapus
  9. Muhammad aldy
    NIM:201326110027
    Menurut saya komunikasi adallah tempat orang bertukar pikiran atau saling berbagi informasi saling berkomunikasi dengan satu orang maupun dengan prang banyak

    BalasHapus
  10. Nama:ahmad reza
    Nim :201326110014

    Prodi ARS

    BalasHapus
  11. Nama : Nanda Seruni
    Nim : 201326110031
    Prodi ARS

    Ibu saya ingin bertanya

    Kn komunikasi itu dilakukan dengan minimal 2 orang apabila orng yng satu tidak merespon atau sibuk sendiri jadi tidak tapi mendengar apa yang diberikan informasi sama orang kedua apakah itu masih bisa dibilang komunikasi?

    BalasHapus
  12. Nama : maulana khasani rohman
    Nim : 201326110024
    Prodi : Ars
    Saya ingin bertanya ibu...
    Salah kah bu berasumsi saat berkomunikasi ?

    BalasHapus
  13. Muhammad iswan
    Nim:201326110030

    Prodi Ars

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Muhammad iswan
    NIM:201326110030
    Prodi Ars

    BalasHapus
  16. Nama :Eka Rahmayanti Saputri
    Nim :201326110018

    Menurut pendapat saya Komunikasi adalah penyampaian dan penerimaan pesan yang dilakukan 2 orang atau lebih yang memungkinkan pesan itu bisa diterima atau dipahami maupun melalui media sosial ataupun berbicara secara langsung

    BalasHapus
  17. NOFA KHAIRUNNISA
    NIM : 201326110034
    PRODI ARS

    Menurut saya komunikasi juga dapat digunakan untuk bertukar pikiran antara satu dengan yang lainnya atau pun antar kelompok,dan di gunakan sebagai informasi untuk menghubungkan di lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  18. Nanda Seruni
    201326110031

    Komunikasi adalah seseorang yng memberikan informasi kepada teman” atau lebih dari satu orang

    BalasHapus


  19. Nama : Khalik Amrullah
    Nim : 201326110021
    Prodi : ARS

    Menurut saya komunikasi adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan sesuatu, baik secara lisan, tulisan, maupun melalui simbol simbol tertentu, dari satu individu ke individu lain atau dari kelompok satu ke kelompok lain

    BalasHapus
  20. Nama:windi indah saputri
    Nim:201326110042
    Prodi:ARS
    Menurut pendapat saya komunikasi merupakan kegiatan yang sagat penting untuk penyampaian pendapat,bertanya atau pun diskusi dan mengungkapkan hal lain nya komunikasi juga memiliki banyak jenis ada yang secara lisan dan tertulis secara formal dan non formal,komunikasi ke bawah keatas dan kesamping ini merupakan kegiatan komunikasi yang biasa terjadi di perkantoran
    Sekian dari saya terimakasih

    BalasHapus
  21. Nama : Siti Aisyah
    Nim : 201326110039

    Menurut pendapat saya dari materi di atas, komunikasi adalah penyampaian informasi antara komunikator dan komunikan yang dilakukan dengan bahasa verbal maupun bahasa non verbal.Komunikasi akan terjadi apabila ada kesamaan antara komunikator dan komunikan. Jika terjadi umpan balik maka komunikasi tersebut berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  22. Rizka Amalia Putri
    NIM: 201326110038
    prodi ARS

    Menurut pendapat saya komunikasi adalah proses pertukaran pesan antara 2 orang atau lebih, baik secara langsung maupun tidak, komunikasi bisa melalui media komunikasi seperti koran, majalah dll. dan bisa juga melalui media elektronik seperti internet, tv ,radio dll.

    BalasHapus
  23. Natasya Heryani
    Nim :201326110033
    Prodi ARS

    Menurut pendapat saya komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih sehingga terjadi penambahan pengetahuan.

    BalasHapus
  24. Nama : Adam Jordan
    Nim : 201326110013

    Menurut saya komunikasi adalah tempat berbagi informasi dan bertukar pikiran, komunikasi juga bentuk interaksi manusia.

    BalasHapus
  25. Nama:Gregorius fernando jalung
    NIM:201326110020
    PRODI ARS
    Menurut saya komunikasi adalah adanya penyampaian dan pengiriman pesan yang dilakukan 2 orang atau lebih yang memungkinkan pesan itu diterima atau dipahami.
    Menurut saya komunikasi adalah adanya penyampaina dan pengiriman pesan yang dilakukan 2 orang atau lebih yang memungkinkan pesan itu diterima atau dipahami

    BalasHapus
  26. Nama:Mayela Rochayati N
    Nim:201326110025

    Trimakasih ibu atas materi yang diberikan mengenai konsep dan bentuk komunikasi.
    Tidak lepas dari pengrtian para ilmuwan bahwa komunikasi adalah tempat orang bertukar pikiran yang saling membantu memberikan informasi yang akurat.
    Disini saya sebagai tenaga administrasi rumah sakit,sangat membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik agar dapat memahami ruang lingkup dalam berinteraksi sehingga apa yang disampaikan dapat diterima orang lain.
    Dengan demikian materi yang ibu berikan sangat membantu tenaga administrasi rumah sakit dalam melayani pasien.

    BalasHapus
  27. Maulana khasani rohman
    Nim : 201326110024
    Prodi ARS


    Menurut pendapat saya komunikasi adalah membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. memberi Komunikasi adalah suatu proses interaksi manusia dengan berbagai bentuk/cara untuk menyampaikan informasi atau tujuan tertentu. Komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi adalah pernyataan manusia, pernyataan tersebut dapat dilakukan dengan kata-kata tertulis ataupun lisan.dan komunikasi itu sangat penting sekali makadari itu kita harus belajar berkomunikasi yang baik dan benar

    BalasHapus
  28. NAMA:YULISDA SELAN
    NIM :201326110043
    PRODI:ARS

    Menurut saya komunikasi adalah proses interaksi atau hubungan timbal-balik seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari sebagai mahkluk sosial

    BalasHapus
  29. Nama : Taufik Hidayat
    NIM : 201326110040
    PRODI : ARS

    Menurut saya komunikasi sangat penting.yaitu membangun interaksi sosial sesama manusia sebagai makhluk sosial. Dan melakukan pertukaran informasi dan tukar pikiran serta proses timbal balik antar makhluk hidup terutama manusia sebagai makhluk sosial dan budaya yg memiliki pemahaman individu.

    BalasHapus
  30. Nama:Risnawati
    Nim:201326110037

    Menurut sya komunikasi itu sangat penting karena komunikasi digunakan untuk berbagi informasi atau menyampaikan informasi kepada orang lain

    BalasHapus
  31. Nama :Audy Nabilla Carolline
    Nim :201326110016

    Terimakasih bu materinya sangat membantu. Setelah saya membaca blogspot ini dapat saya pahami bahwa komunikasi itu sangat penting untuk kita.. Komunikasi tatap muka atau komunikasi melalui media..agar kita bisa memahami sesuatu dan agar lebih mudah menjalankan sesuatu

    BalasHapus
  32. Nama :Dea rosalina efendi
    Nim :201326110017

    Prodi ARS

    BalasHapus
  33. Nama:Sindi astika
    Nim:211540111309
    Prodi kebidanan
    Menurut pendapat saya komunikasi adalah proses seseorang untuk memberikan informasi kepada seseorang atau orang lain,dan juga sebagai tempat bertukar pikir atau berbagi informasi, komunikasi juga penting dalam kehidupan kita sehari" mau lewat sosial media ataupun berinteraksi secara langsung

    BalasHapus
  34. Nama : Valentina Hutiq Hang
    Nim : 211540111319
    Prodi : D-lll Kebidanan
    Menurut pendapat saya komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain

    BalasHapus
  35. Nama: Elisabeth wende
    Nim:211540111284

    Menurut saya informasi adalah proses berlalu nya pesan, penyampain, atau informasi dari satu orang kepada orang lain

    BalasHapus

  36. Nama :Arista yulita julan
    Nim : 211540111277
    Prodi : D3 kebidanan
    Kelas : 1 a
    • Konsep dasar komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi atau pesan,ide,gagasan dari satu pihak kepada pihak lain.
    •Komunikasi adalah sebuah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
    Sekian dari saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  37. Nama : Mutmainna
    Nim. : 211540111268
    Prodi. : DIII kebidanan
    Kelas. : 1B

    Menurut saya komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi atau pesan dari satu pihak ke pihak lainnya.

    BalasHapus
  38. Nama : Karlina Hartati
    NIM : 211540111293
    Prodi : DIII Kebidanan
    Kelas : 1A



    Banyaknya pengertian komunikasi menjadi pengetahuan tersendiri bagi kita . Tak terkecuali para ahli yang juga mencetuskan ide atau gagasan mereka mengenai komunikasi. Namun, menurut saya sendiri komunikasi adalah sebuah proses interaksi yang meliputi bahasa, gerak maupun isyarat dengan tujuan memberitahu informasi atau pesan kepada khalayak ramai baik individu maupun kelompok.

    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  39. Nama:Suhaini
    Nim:211540111311
    Prodi:Dlll kebidanan
    Kelas:1a

    Menurut saya komunikasi merupakan penyampaian suatu pesan atau informasi dari seseorang keorang lain dan tempatnya untuk bertukar pendapat satu sama lain bisa melalui sosial media maupun secara langsung.

    BalasHapus
  40. Nama: nada
    Nim:211540111298
    Kls: 1a
    Prodi: D3 kebidanan

    Komunikasi adalah proses penyampaiaan informasi atau pesan dari seseorang ke orang lain.

    BalasHapus

  41. Nama : Lina Noro Wulan
    NIM : 211540111294
    Kelas : 1B
    Prodi : D3 Kebidanan

    Menurut saya komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan,ide,gagasan) dari seseorang kepada orang lain.



    BalasHapus

  42. Nama:Regina az zahra
    NIM:211540111307
    Kelas:1A
    Prodi:kebidanan

    Menurut saya komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan,ide,gagasan) dari seseorang kepada orang lain.
    Dan agar kita lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pasien dan mengerti keluhan pasien

    BalasHapus
  43. Nama : Qorina Camelia Azzahra
    NIM : 211540111318
    Kelas : 1A
    Prodi : D3 Kebidanan

    Menurut saya komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain

    BalasHapus
  44. Nama: sri suryani
    Nim:211540111274

    Komunikasi adalah "suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

    BalasHapus
  45. Nama : Nur Hasanah Eigi Putri. MB
    NIM : 211540111300
    Prodi : D III Kebidanan
    Kelas : 1A

    Baik ibu terima kasih
    Menurut pemahaman saya, komunikasi adalah penyampaian sebuah pesan, ide ataupun gagasan dan juga proses pertukaran informasi kepada orang lain baik secara lisan ataupun tulisan.
    Sekian dari saya mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih ibu

    BalasHapus
  46. Nama : Vernanda Feridiana
    Nim : 21154011313
    Kelas : 1A
    Prodi : D3 Kebidanan

    Banyak para ahli yang mencetuskan ide/gagasannya mengenai pengertian komunikasi. Dan menurut saya, komunikasi adalah suatu proses interasi seseorang dengan yang lainnya untuk menyampaikan informasi/pesan, menanyakan informasi, bercerita, bersosialisasi, berdiskusi, dan lain-lainnya. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung bertatap muka dan juga dapat melalui media sosial yang dapat menghubungkan antara yang satu dengan yang lain baik secara individu maupun kelompok.

    sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  47. Nama : Amandha violia
    NIM : 211540111276
    Priodi : D-III KEBIDANAN
    Kelas :1A

    Menurut saya,Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi ,ide,
    dari seseorang ke orang lain.

    BalasHapus
  48. Nama:putri
    Nim:211540111269
    Prodi:D lll Kebidanan
    Kelas:1A

    Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi pesan, ide, gagasan dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.dan mudah untuk berkomunikasi yang baik terhadap orang lain.

    BalasHapus
  49. Nama : Silvia Sintya Dewi
    Nim : 211540111308
    Prodi : D-III Kebidanan
    Kelas : 1A

    Menurut pemahaman saya komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh penyampai atau pengirim pesan kepada penerima pesan yang berisi informasi untuk memberitahu atau untuk mengubah sikap, perilaku, atau pendapat,baik langsung secara lisan, atau pun tak langsung melalui media seperti surat kabar, majalah, radio, atau televisi.
    Memahami komunikasi memang bukanlah hal yang mudah, karena dibutuhkan penjelasan dan pemahaman agar apa yang kita sampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh orang lain,sehingga apa yang kita kehendaki dapat tersampaikan.
    Sekian dari saya apabila ada kekurangan dan ada salah kata mohon dimaafkan, Terimakasih

    BalasHapus
  50. Nama : Marcela Irliyani Pananrang
    Nim :211540111267
    Prodi : D-III Kebidanan
    Kelas : 1A

    sepengengetahuan saya Komunikasi adalah sebuah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. dan komunikasi yang baik dan benar agar keduan nya dapat memahami.

    BalasHapus
  51. Nama : Siti kholifah
    Nim : 211540111273
    Prodi : D-III Kebidanan
    Kelas : 1A

    Menurut saya komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

    BalasHapus
  52. Nama : Ramla
    Nim :211326110075
    Prodi : S1 administrasi rumah sakit
    Komunikasi adalah suatu proses interaksi manusia dengan berbagai bentuk atau cara untuk menyampaikan informasi atau tujuan tertentu .

    BalasHapus
  53. Nama : Puput yunita sari
    NIM : 211326110074
    Prodi : S1 Administrasi Rumah sakit
    Komunikasi adalah interaksi antara dua manusia atau pun lebih (berkelompok) dengan menggunakan media chat atau pun secara langsung guna untuk menyampaikan informasi.

    BalasHapus
  54. Nama : Widya Nurrahmadani
    Nim : 211326110082
    Prodi ARS

    Pengertian Komunikasi menurut saya
    "Suatu penyampaian yang di lakukan oleh satu pihak ke pihak lainnya, yang di lakukan secara langsung atau bisa saja tidak langsung".

    BalasHapus
  55. Nama : Faridah Fasya
    Nim : 211326110062
    Prodi : ARS

    Menurut saya komunikasi adalah penyampaian pesan atau oendapat yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih untuk memberikan informasi atau pendapat

    BalasHapus
  56. Nama : Gessela Anantha Putri
    Nim : 211326110063
    Prodi : ARS

    komunikasi menurut saya adalah merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain

    BalasHapus
  57. Nama: Nadia agustina
    Nim:211326110071
    Priode:ARS

    menurut saya komunikasi adalah penyampaiaan pesan atau informasi dari satu orang ke otang lain nya dan tempatnya bertukar pendapat dengan orang lain.

    BalasHapus
  58. Nama : Muhibatul Sadila
    Nim : 211326110070
    Prodi : Administrasi Rumah Sakit

    menurut saya komunikasi adalah merupakan proses penyampaian Pesan atau Informasi kepada orang lain dan berinteraksi seperti bicara sesama teman, keluarga dan pacar.

    BalasHapus
  59. nama : ines sintia
    nim: 211540111292
    prodi: D3 Kebidanan

    menurut saya komunikasi adalah proses penyampaian pesan/informasi dari seseorang kepada orang lain

    BalasHapus
  60. Nama : Dina Ostianan.Daud
    Nim : 211540111264
    Prodi : D.III Kebidanan

    Menurut saya Komunikasih adalah suatu proses penyampaian pesan atau informasi seseorang kepada orang lain. atau lawan bicaranya.

    BalasHapus
  61. Nama :puput dina lestari
    Kelas: 1B
    Nim :211540111303
    Menurut pendapat saya ,Komunikasi kebidanan merupakan gambaran terjadinya interaksi antara bidan dengan klien dalam upaya pemenuhan kebutuhan klien; sebagai faktor pendukung pelayanan profesional oleh bidan

    BalasHapus
  62. Nama : Maya Sari
    Kelas: 1 B Kebidanan
    Nim: 211540111297
    Menurut pendapat saya, Komunikasi kebidanan merupakan gambaran terjadinya interaksi antara bidan dengan klien dalam upaya pemenuhan kebutuhan klien, yaitu sebagai faktor pendukung pelayanan profesional oleh bidan.

    BalasHapus
  63. Nama:Hermila saputri
    Kalas:1B
    Nim:211540111288
    Menurut pendapat saya komunikasi kebidanan merupakan gambaran terjadinya interaksi antara bidan,dan menyampain pesan dan informasi kepada orang lain

    BalasHapus
  64. Nama : Nurintan Shafira
    Kelas : 1A Kebidanan
    NIM : 211540111302
    Menurut saya, komunikasi adalah proses penyampaian makna dari satu entitas atau kelompok ke kelompok lainnya melalui penggunaan tanda, simbol, dan aturan semiotika yang dipahami bersama. Dan merupakan proses penyampaian pesan atau informasi dari satu orang ke orang lain.

    BalasHapus
  65. Nama: Maesya dwi putri
    kelas: 1B kebidanan
    NIM: 211540111296
    Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehiduapan sehari-hari di rumah tangga, ditempat pekerjaan, dipasar, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada. Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia.

    BalasHapus
  66. Nama : Anugriani
    Kelas : 1B
    NIM : 211540111263


    Menurut pendapat saya , Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain .

    BalasHapus
  67. Nama : Indah Nurul Huda
    Kelas : 1A kebidanan
    Nim : 211540111291

    Pendapat dari saya, komunikasi adalah sebuah proses penyaluran yang berisi informasi dalam bentuk di sengaja maupun tidak disengaja sehingga menghasilkan timbal balik antara komunikator

    BalasHapus
  68. NAMA : Debora Krista
    NIM : 211540111280
    Kelas : 1b

    Menurut saya komunikasi adalah upaya seseorang memberikan atau menerima informasi dari seseorang kepada orang lain.

    BalasHapus

  69. NAMA : Sukma Siti Mariam
    KELAS : 1a kebidanan
    NIM : 211540111305

    Menurut saya komunikasi itu adalah gambaran yang mungkin terjadi adanya interaksi bidan dengan kalien ataupun pasien yang terbentuk dalam upaya kebutuhan atau keperluan pada klien ataupun pasien.

    BalasHapus
  70. Nama:Yeni Irawati
    Nim:211-540-111-278
    Kelas:1B
    Prodi:KEBIDANAN
    Menurut pendapat saya komunikasi itu sangat penting, karena komunikasi adalah suatu cara agar kita bisa berinteraksi ke Seseorang, dimana tujuan nya adalah memberikan suatu informasi di mna nanti bisa mengubah pemikiran atau mengubah sikap dan mendorong mendapatkan suatu informasi.
    dan di sini seorang bidan harus bisa ber komunikasi dengan pasien dengan baik dan jelas, fungsinya agar ketika melakukan asuhan atau pelayanan ke pada pasien lebih mudah menerima berbagai pesan atau informasi agar pasien merasa nyaman dan di perhatikan.

    BalasHapus
  71. Nama : zhahrina salsabila
    Nim : 211540111316
    Prodi : 1B kebidanan
    Komunikasi kebidanan merupakan gambaran terjadinya interaksi antara bidan dengan klien dalam upaya pemenuhan kebutuhan klien; sebagai faktor pendukung pelayanan profesional oleh bidan.

    BalasHapus
  72. Nama : desi alena
    Kelas : 1A kebidanan
    NIM. : 211540111282

    Menurut saya, Komunikasi merupakan proses suatu penyampaian pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalaikan secara langsung maupun Sosmed.

    BalasHapus
  73. Nama : Helsiyanur
    NIM : 211540111287
    Prodi : DIII Kebidanan
    Kelas : 1A


    Menurut pemahaman saya komunikasi adalah penyampaian sebuah pesan, ide ataupun gagasan dan juga proses pertukaran informasi kepada orang lain baik secara lisan ataupun tulisan.

    BalasHapus
  74. Nama :Tiara widyaningrum
    NIM :211540111312
    Prodi : Dlll kebidana
    Kelas 1B


    Menurut saya komunikasi kebidanan merupakan gambaran terjadinya interaksi antara bidan dengan klien dalam upaya pemenuhan kebutuhan klien; sebagai faktor pendukung pelayanan profesional oleh bidan.

    BalasHapus
  75. Nama :Jumiati
    Nim :211540111266
    Prodi :DIII kebidanan
    Kelas:1B Kebidanan

    Menurut saya komunikasi adalah kebutuhan /aktivitas dasar dalam penyampaian informasi atau pesan komunikasi itu sendiri bisa di lakukan 2orang atau lebih dan dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung atau menggunakan media sosial , tujuan komunikasi untuk menyampaikan pesan dari orang ke orang lain sehingga terjadinya interaksi sosial

    BalasHapus
  76. Nama : Helena Marcella Azizah
    NIM : 211540111286
    Prodi : DIII kebidanan
    Kelas : 1B kebidanan

    Menurut saya, Komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain

    BalasHapus

  77. Nama: Della utami ocnanda sari
    Nim: 211540111281
    Kelas : 1A kebidanan
    Prodi : DIII kebidanan

    komunikasi adalah sebuah bentuk dari proses pada saat seseorang maupun beberapa orang, kelompok, organisasi dan juga masyarakat yang dimana akan melakukan penciptaan dan juga penggunaan informasi sehingga akan memiliki keter hubungan dengan sebuah lingkungan yang terdapat pada orang lainnya

    BalasHapus
  78. Nama: Himari Dhea Amanda
    Nim: 211540111289
    Kelas: 1B Kebidanan
    Prodi: DIII Kebidanan


    komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehiduapan sehari-hari di rumah tangga, ditempat pekerjaan, dipasar, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada.

    BalasHapus

  79. Nama : putri Angraini
    NIM : 211540111270
    Kelas : 1 B
    Prodi : D3 Kebidanan

    Menurut saya, Komunikasi adalah "suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain

    BalasHapus
  80. Nama : Humai Safari
    Nim : 211540111290
    Kelas : 1B
    Prodi : DIII Kebidanan

    Berdasarkan materi yang ibu berikan dan dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari "Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan dari seseorang kepada orang lain yang bisa di lakukan secara langsung maupun lewat sosial media"

    BalasHapus
  81. Nama : Siti amilatun
    NIM : 211540111310

    Menurut saya Komunikasi itu suatu interaksi beberapa orang dalam menyampaikan informasi. Komunikasi sendiri sangat penting bagi setiap seseorang di kehidupan sehari-hari .

    BalasHapus
  82. Nama : Nur Raissatun Nisa Zain
    NIM : 211540111301
    Kelas : 1B

    Menurut saya, Komunikasi adalah suatu proses penyampaian sebuah informasi ataupun pesan yang ingin disampaikan dari seseorang kepada orang lain yang dapat dilakukan secara langsung (nyata) atau secara dunia maya (internet/media sosial) dalam kehidupan sehari - hari yang melibatkan interaksi antara dua orang ataupun lebih.

    BalasHapus
  83. Nama : zaina maishita
    Nim : 211540111304
    Kelas : 1b
    Prodi : DIII kebidanan

    Menurut saya komunikasi adalah , suatu penyampaian informasi atau pesan, ide dari pihak satu ke pihak yg lain, baik secara langsung atau tidak langsung yang dilakukan sehari hari , salah satu contohnya saya sedang bercerita kepada teman membahas suatu hal yang dianggap sama saja dengan komunikasi.

    BalasHapus
  84. Nama : Refa Ayu Septiyani
    Nim : 211540111306
    Kelas : 1b
    Prodi : DIII kebidanan

    Menurut pemahaman saya komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan kata-kata tertulis ataupun lisan di samping itu dapat dilakukan juga dengan isyarat-isyarat atau simbol-simbol.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer