Mutu Layanan Kesehatan


Designed by rawpixel.com / Freepik


Pelayanan Kesehatan bermutu adalah pelayanan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk dan diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan. Kode etik dan standar pelayanan profesi, pada dasarnya merupakan kesepakatan di antara kalangan profesi sehingga wajib digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan setiap kegiatan profesi.

Dimensi kepuasan pasien dapat dibedakan menjadi dua macam :

Pertama, kepuasan yang mengacu pada penerapan kode etik serta standar pelayanan profesi. Kepuasan tersebut pada dasarnya mencakup penilaian terhadap kepuasan pasien mengenai hubungan tenaga medis dengan pasien, kenyamanan pelayanan, kebebasan melakukan pemulihan, pengetahuan dan kompetensi (scientific knowledge dan technical skill) serta efektivitas pelayanan.

Kedua, kepuasan yang mengacu pada penerapan semua persyaratan pelayanan kesehatan. Suatu pelayanan dikatakan bermutu jika penerapan semua persyaratan pelayanan dapat memuaskan pasien. Ukuran pelayanan kesehatann yang bermutu adalah ketersediaan pelayanan kesehatan (acailable), kewajaran pelayanan kesehatan (appropriate), kesinambungan pelayanan kesehatan (continue), penerimaan jasa pelayanan kesehatan (acceptable), keterjangkauan pelayanan kesehatan (affordable), efisiensi pelayanan kesehatan (efficient), dan mutu pelayanan kesehatan (quality). Mutu pelayanan kesehatan berorientasi pada penerapan kode etik dan standar pelayanan kesehatan, serta kepuasan yang mengacu pada penerapan semua persyaratan pelayanan kesehatan. Tujuan akhir kedua dimensi mutu pelayanan kesehatan tersebut adalah kepuasan pasien yang dilayani tenaga medis.

Komentar

  1. Jika mempunyai klinik atau bpm tersendiri Mutu pelayanan kebidanan itu harus ada karena mutu pelayanan kebidanan adalah salah satu cara kita melayani masyarakat. Bagimana bersosialisasi yg baik bagaimana membimbing atau mengarahkan masyarakat yg kurang paham akan mutu pelayanan , semangat untuk kita semua pengejar gelar bidan.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Smoga dri skian bpm yang ada, bisa menjadi motivasi buat saya ,shingga lulus nanti bisa mempunyai bpm sndrii,

    BalasHapus
  4. Jika mempunyai klinik atau BPM tersendiri Mutu Pelayanan Kebidanan. Maka kita harus ada pelayanan kebidanan ditempat kita bagaimana cara kita bersosialisai dan berintraksi di masyarakat

    BalasHapus
  5. Ketika kita mempunyai klinik atau bpm sendiri. Mutu pelayanan yg kita berikan kepada masyarakat hrs baik, sebagai bidan kita harus mejelaskan tentang apa itu mutu pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat paham dan kita sebagai bidan harus berkomunikasi yang baik Kepada masyarakat agar masyarakat tersebut percaya kepada kita. (NITA)

    BalasHapus
  6. Jika saya mempunyai klinik atau bpm sendiri saya akan memberikan mutu pelayanan yang terbaik untuk masyarakat disekitar saya .agar mereka puas dengan apa yang saya berikan

    BalasHapus
  7. Jarang sekali ada bidan yang menerapkan mutu pelayanan yang baik terhadap klienya atau pasienya,,dan artikel ini baik sekali untuk dibaca dan di terapkan terhadap bidan" yang belum mengetahui bagaimana mutu pelayanan yang baik terhadap klien atau pasien bpm maupun klinik

    BalasHapus
  8. Jika saya mempunyai klinik atau bpm sendiri tentunya saya sangat bangga tidak menyangka bahwa sampai ke titik ini, mutu pelayanan kebidanan tentu saja terutama melayani masyarakat dan juga harus berkomunikasi yang baik terhadap masyarakat biar org senang sama kita tetapi kita juga harus baik sama org biar mereka kalo ada keperluan langsung ke klinik kita sendiri ngaga cari2 yang lain. Kita semua juga harus berusaha biar bisa seperti bidan2 yg sudah mempunyai bpm sendiri semangat semua teman2 ku belajarnyaa.

    BalasHapus
  9. PAHMA SERITA.
    Jika saya mempunyai klinik atau bpm sendiri tentunya saya sangat bangga tidak menyangka bahwa sampai ke titik ini, mutu pelayanan kebidanan tentu saja terutama melayani masyarakat dan juga harus berkomunikasi yang baik terhadap masyarakat biar org senang sama kita tetapi kita juga harus baik sama org biar mereka kalo ada keperluan langsung ke klinik kita sendiri ngaga cari2 yang lain. Kita semua juga harus berusaha biar bisa seperti bidan2 yg sudah mempunyai bpm sendiri semangat semua teman2 ku belajarnyaa.

    BalasHapus
  10. Bagaimana cara kita menjaga mutu pelayanan kita kepada masyarakat?nah kita seorang Bidan harus mampu menjadi konselor untuk menjalankan peran dan fungsinya. sebagai seorang bidan juga kita harus mampu meyakinkan diri kita ditengah2 msyarakat.

    BalasHapus
  11. Rabiullita Nur Azizah 1A
    Sebelumnya terimakasih ibu atas materi yang di berikan.
    Jika saya memiliki BPM/Klinik pribadi saya akan menjalankan mutu layanan kebidanan yang sesuai dan sudah di tetapkan dan komunikasi kesehatan yang baik supaya klien/pasien merasa nyaman dan aman.

    BalasHapus
  12. Jika saya mempunyai klinik atau bpm standar mutu pelayanan kebidanan itu harus ada karna dengan adanya standar mutu pelanayanan kebidanan ini kita bisa tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat,menjaga sikap dan mengajak masyarakat bagaimana pola hidup sehat karna sebagian masyarakat yang awam ada yang kurang paham tentang cara hidup sehat dan mutu pelayanan dll sebagainya. Semangat untuk kita semua

    BalasHapus
  13. Jika kita memiliki klinik/bidan praktek mandiri(bpm). Mutu pelayanan kebidanan itu wajib ada karna mutu pelayanan kebidanan adalah yang menunjukkan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kebidanan yang di satu pihak dapat menimbulkan kepuasaan pada setiap pasien serta di pihak lain penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi kebidanan yang telah di tetapkan��

    BalasHapus
  14. Terima kasih ilmunya DUNIA KEBIDANAN tentang Mutu Layanan Kebidanan semoga bermanfaat dan memotivasi bagi semuanya terutama pengejar gelar Bidan. Kesimpulan yang saya ambil pelayanan kebidanan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kebidanan yang sesuai dengan tingkat kepuasaan rata-rata serata penyelenggaraannya sesuai dengan standart dan kode etik profesi. Jadi jika nanti saya ingin membuka klinik atau BPM saya harus sesuai dengan standart dan kode etik. Agar masyarakat puas dan nyaman tentang pelayanan yang di berikan.

    BalasHapus
  15. Anna Maria Barek Koten :
    jika saya mempunyai klinik atau BPM nanti,saya akan selalu melayani pasien dengan baik sesuai dengan standar pelayanan kebidanan yang berlaku, selalu bersikap ramah dan selalu menjaga privasi pasien,dan memberikan konseling pada pasien yang belum paham mengenai kesehatan dirinya dan keluarga,agar masyarakat puas dengan pelayanan kebidanan yang di berikan.

    BalasHapus
  16. Jika sya mempunyai klinik atau BPM tersendiri, mutu pelayanan ke idaman adalah cara kta berinteraksi yg baik,dan bagaimana pelayanan yg kita berikan kepada masyarakat. Sebagai tenaga kesehatan kita jga hrus menghormati satu sama lain sebagai tenaga kesehatan yg baik, dan berkarir.

    BalasHapus
  17. Terimakasih ibu materi yang diberikan sangat bermanfaat.
    Jika nanti saya mempunyai klinik atau bpm sendri mutu pelayanan kebidanan sangat lah penting karna salah satu cara untuk melayani masyarakat agar terciptanya loyalitas antara masyarakat dengan tenaga kesehatan terjalin baik.

    BalasHapus
  18. Terimakasih ibu materi yang diberikan sangat bermanfaat.
    Jika nanti saya mempunyai klinik atau bpm sendri mutu pelayanan kebidanan sangat lah penting karna salah satu cara untuk menghimbau masyarakat

    BalasHapus
  19. Saya Elisia Nelly Putri ingin berterimakasih banyak ibu atas materi yg ibu berikan karena dengan materi ini saya dapat lebih memahami dengan baik cara untuk melayani masyrakat agar dengan bgitu diharapkan bisa terjalinnya hubungan yg harmonis antara masyarakat dengam bidang kesehatan

    BalasHapus
  20. Anna Maria Barek Koten :
    jika saya mempunyai klinik atau BPM nanti,saya akan selalu melayani pasien dengan baik sesuai dengan standar pelayanan kebidanan yang berlaku, selalu bersikap ramah dan selalu menjaga privasi pasien,dan memberikan konseling pada pasien yang belum paham mengenai kesehatan dirinya dan keluarga,agar masyarakat puas dengan pelayanan kebidanan yang di berikan.

    BalasHapus
  21. Terimakasih ibu, materinya sangat membantu.
    Apabila mempunyai klinik ataupun BPM sendiri,saya akan berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan agar dapat memberikan kepuasan kepada pasien atau masyarakat. Kualitas jasa yang di berikan sangat penting untuk kepuasan pasian atau masyarakat.

    BalasHapus
  22. Terima kasih Ibu.. Materi yang Ibu berikan sangat bermanfaat buat kami
    Jika nanti saya mempunyai bpm ataupun klinik mandiri saya akan berusaha untuk mencapai tingkat kepuasan pasien dan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat dengan cara meningkatkan mutu pelayanan kebidanan.

    BalasHapus
  23. Terimakasih ibu atas materi yang diberikan,ininsangat bermanfaat. jika suatu saat punya Bpm Dapat lebih
    meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.
    Peningkatan penerimaan ini erat hubungannya dengan telah sesuainya pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat sebagai pemakai jasa pelayanan. Apabila peningkatan penerimaan ini dapat diwujudkan, pada gilirannya pasti akan berperan besar dalam turut meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

    BalasHapus
  24. Terima kasih ilmunya DUNIA KEBIDANAN tentang Mutu Layanan Kebidanan ilmunya sangat bermanfaat sekali semoga untuk kedepanya jika saya bisa membuka klinik atau BPM saya bisa mengikuti standart dan kode etik. Agar masyarakat puas dan nyaman tentang pelayanan yang di berikan.

    BalasHapus
  25. Smoga sya nanti dapat membangun bpm, bisa menjadi motivasi buat saya dan org2, shingga lulus nanti bisa mempunyai bpm sndrii dan klinik

    Balas

    BalasHapus
  26. Jika saya mempunyai bpm sendiri saya akan memberikan mutu pelayanan terbaik untuk masyarakat yang ada di sekitar saya . Dan menjaga komunikasi saya dengan masyarakat disekitar saya . Saya juga akan mengajak mereka untuk memulai hidup sehat karna masih banyak sekali masyarakat yang belum paham tentang hidup sehat

    BalasHapus
  27. Terima kasih atas ilmunya tentang Mutu Layanan Kebidanan.
    jika saya mempunyai klnik atau BPM, saya akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, memberikan informasi yang belum diketahui oleh masyarakat, berkomunikasi juga salah satu agar kita dapat memberikan pelayanan, dan saya berharap masyarakat dapat memahami tetntang pola hidup sehat.

    BalasHapus
  28. Terimakasih ibu atas ilmunya,jika saya kelak mempunyai klinik atau bpm saya juga akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan sebagai pelayanan kepada masyarakat bagaimana membimbing masyarakat yang kurang paham tentang mutu pelayanan ini.

    BalasHapus
  29. Terimakasi ibu atas ilmu yang di berikan apa lagi tentang etika untuk mutu pelayanan jadi dapat memberikan pelayanan sebagai administrasi rumah sakit juga akan memberikan etika yang baik dan pelayanan yang baik juga

    BalasHapus
  30. Zuhrotusy-Syarifah Qurrotu'aini 19.13261.1.0011 (S1 Administrasi Rumah Sakit)

    Terimakasih ibu atas ilmunya, menurut saya mutu pelayanan kesehatan di indonesia sudah cukup bagus meskipun di beberapa fasilitas kesehatan masih ada yang kurang sehingga membuat pasien yang berkunjung dan ingin berobat merasa kurang nyaman, untuk pelayanan kesehatan di indonesia menurut saya masih kurang merata, karena di beberapa tempat terutama pelosok kota masih kekurangan, disebabkan karena bisa saja akses untuk menuju faskes tersebut susah di lalui oleh kendaraan.

    BalasHapus
  31. Jika sebuah rumah sakit di katakan menjadi sebuah rumah sakit yang baik dan bagus itu di karenakan sebuah mutu pelayanan yg di berikan oleh karyawan yg berada di rumah sakit maupun di instansi kesehatan lainnya, terimakasih ibu sudah mengajarkan sebuah ilmu yg sangat bagus dan mudah di mengerti, ilmu yg bermanfaat ini akan selalu di pakai di dunia pekerjaan nanti.

    BalasHapus
  32. #Annisa anugrah

    Sebuah rumah sakit dinyatakan bagus ketika mutu layanan kesehatan nya juga bagus tp terkadang masih ada beberapa rumah sakit yang tidak terlalu mementingkan mutu layanan kesehatan ini padahal mutu layanan kesehatan sangat lah penting bagi sebuah rumah sakit

    BalasHapus
  33. Sebelumnya terima kasih bu atas materi yang diberikan.
    Mutu Pelayanan Kesehatan diatas harus menempatkan kode etik pada pelayanan kesehatannya. Saya sebagai tenaga administrasi rumah sakit juga harus menempatkan kode etik tenaga kesehatan sebagai pedoman saya, agar pelayanan yang diberikan dapat diterima dengan baik. Terima Kasih

    BalasHapus
  34. Terimakasi ibu atas ilmu yang di berikan apa lagi tentang etika untuk mutu pelayanan jadi dapat memberikan pelayanan sebagai administrasi rumah sakit juga akan memberikan etika yang baik dan pelayanan yang baik juga

    BalasHapus
  35. Terimakasih ibu atas ilmu yang bermanfaat dalam mutu pelayanan dalam kebidanan

    BalasHapus
  36. Nama: zilla tunggal septriani
    Kelas :3b
    Nim: 1815401181148

    Terimakasi ibu atas ilmu yang di berikan apa lagi tentang etika untuk mutu pelayanan jadi dapat memberikan pelayanan sebagai administrasi rumah sakit juga akan memberikan etika yang baik dan pelayanan yang baik juga

    BalasHapus
  37. Nurul hafidzah khaer
    kelas 3b
    1815401181124

    jika saya memiliki bpm saya juga akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan sebagai pelayanan kepada masyarakat

    BalasHapus
  38. Terimakasih ibu atas ilmunya,jika saya kelak mempunyai klinik atau bpm saya juga akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan sebagai pelayanan kepada masyarakat bagaimana membimbing masyarakat yang kurang paham tentang mutu pelayanan ini.

    BalasHapus
  39. Annisa Amalia kelas 3A
    Nim: 181540118185
    Sebelumnya terima kasih bu atas materi yang diberikan.
    Mutu Pelayanan Kesehatan diatas harus menempatkan kode etik pada pelayanan kesehatannya. Saya sebagai tenaga administrasi rumah sakit juga harus menempatkan kode etik tenaga kesehatan sebagai pedoman saya, agar pelayanan yang diberikan dapat diterima dengan baik. Terima Kasih

    BalasHapus
  40. Ratna kemala sari
    Kelas 3b
    1815401181130

    Jika saya lulus nanti dan memiliki bpm (bidan praktik mandiri) saya akan menerapakan apa itu mutu pelayanan kebidanan sebagai pelayanan kepada masyarakat di baik d terapkan di puskesmas/klinik/rmh sakit/d warga sekitar

    BalasHapus
  41. Nama : Almaidah Ayu Pratama
    Kelas : 3B
    NIM : 18154011811081

    Ketika kita mempunyai klinik atau bpm sendiri. Mutu pelayanan yg kita berikan kepada masyarakat hrs baik, sebagai bidan kita harus mejelaskan tentang apa itu mutu pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat paham dan kita sebagai bidan harus berkomunikasi yang baik Kepada masyarakat agar masyarakat tersebut percaya kepada kita dan yakin akan pekayanan kita.

    BalasHapus
  42. Nama : Ratna Sriningsih
    Kelas : 3B
    Assalamualaikum
    Terimaksih sebelum nya kepada ibu karena ibu telah memberikan materi materi yang khusus nya dalam dunia kebidanan dengan ada nya materi ini semoga bisa di jadikan acuan untuk melakukan dan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu

    BalasHapus
  43. Nama : Dilla sapitri
    Kelas : 3b
    Nim : 1815401181093

    Jika saya mempunyai klinik atau bpm sendiri tentunya saya sangat bangga tidak menyangka bahwa sampai ke titik ini, mutu pelayanan kebidanan tentu saja terutama melayani masyarakat dan juga harus berkomunikasi yang baik terhadap masyarakat biar org senang sama kita tetapi kita juga harus baik sama org biar mereka kalo ada keperluan langsung ke klinik kita sendiri tidak cari-cari yang lain. Kita semua juga harus berusaha biar bisa seperti bidan2 yg sudah mempunyai bpm.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Nama : Nur Khasanah
    NIM : 1815401181122
    Kelas : 3A

    Jika mempunyai klinik atau BPM tersendiri Mutu Pelayanan Kebidanan. Maka kita harus ada pelayanan kebidanan ditempat kita bagaimana cara kita bersosialisai dan berintraksi di masyarakat

    BalasHapus
  46. Nama : Nur alfiah
    Nim: 1815401181120
    Kelas:3a
    Jika saya sudah lulus nanti dan saya diizinkan untuk membuka klinik atau BPM
    Saya akan menerapkan mutu pelayanan kesehatan pada masyarakat.Karna tujuannya sangat penting.

    Tujuan mutu pelayanan kesehatan
    1) menganalisis masalah keselamatan pasien, kebijakan dan manajemen mutu pelayanan kesehatan; 2) mengidentifikasi intervensi perbaikan keselamatan pasien dan mutu pelayanan; 3) memahami sistem menajemen mutu dan memilih pendekatan-piranti peningkatan mutu; dan 4) menyusun program kegiatan untuk melakukan perbaikan mutu yang berkesinambungan.

    BalasHapus
  47. Jarang sekali ada bidan yang menerapkan mutu pelayanan yang baik terhadap klienya atau pasienya,,dan artikel ini baik sekali untuk dibaca dan di terapkan terhadap bidan" yang belum mengetahui bagaimana mutu pelayanan yang baik terhadap klien atau pasien bpm maupun klinik

    Balas

    BalasHapus
  48. Nama: Nining minarsih song
    Kelas:3A
    Nim: 1815401181118

    Terimakasih ibu atas ilmu yang telah diberikan.
    Jika kelak saya memiliki bpm sendiri saya akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan sebagai pelayanan kepada masyarakat.

    BalasHapus
  49. Nama:AFira Isyatul Aufa
    Kelas:3A
    NIM:1815401181080
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak Bu..atas materi yang diberikan.
    Mutu pelayanan kesehatan diatas tersebut sangat penting bagi kita semua baik itu bidan dan masyarakat karena kode etik itu harus menjadi sebagian hal Yg wajib yang harus dilakukan secara baik dan kita sebagai tenaga kesehatan harus memberikan mutu pelayanan kesehatan yang baik,tepat dan benar agar menjadi suatu kepercayaan bagi kita untuk masyarakat.

    BalasHapus
  50. Nama : ratih anita
    Kelas : 3b
    Nim : 181540118128
    Terima kasih ilmunya tentang Mutu Layanan Kebidanan ilmu yang sangat bermanfaat sekali semoga untuk kedepanya jika saya bisa membuka klinik atau BPM saya bisa mengikuti standart dan kode etik. Agar masyarakat puas dan nyaman tentang pelayanan yang di berikan.

    BalasHapus
  51. Nama : Reni Yanti
    Nim. 1815401181132
    Kelas 3A

    Assalamualaikum 🙏
    Terima kasih banyak atas materinya.
    Tenaga medis dan khususnya bidan perlu sekali dalam menerapkan suatu sikap dalam mutu layanan. Dimana mutu layanan ini bagus untuk diterapkan di tempat dimana kita bekerja. Untuk memberikan suatu daya tarik kepada klien sehingga klien percaya kepada tenaga medis salah satunya bidan, yg dimana kita ketahui bahwa dibidang kebidanan bisa berdiri sendiri secara independen,maka sangat penting lah mutu pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  52. Nama : Novita Yolanda Sari
    Kelas: 3B
    NIM : 1815401181119
    Terimakasih atas materi yang telah diberikan.
    Sebagai tenaga kesehatan semoga kita bisa menerapkan pelayanan kesehatan yg bermutu, karena dengan adanya muntu pelayanan kesehatan yang baik, maka kepuasan pasien, penderita atau keluarga akan tercapai dan tingkat kepercayaan kepada pemberi pelayanan kesehatan juga meningkat.

    BalasHapus
  53. Nama : sitinursiahangelia
    Kelas : 2a
    Nim : 1815401181141

    Terimakasih ibu atas ilmu yang bermanfatrt
    Jika saya mempunyai bpm/klinik mandiri saya akan berusaha untuk mancapai kepuasan pasien dan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat dengan cara meningkatkan mutu layanan kebidanan

    BalasHapus
  54. Hermawati
    3A
    Materi yang sangat penting untuk memotivasi kepada kita khususnya mahasiswa kebidanan dan bidan lainnya yang bekerja dan mempunyai klinik mandiri . Mutu pelayanan kebidanan yang dapat diterapkan oleh bidan agar dapat memberikan pelayanan yang puas dan memuaskan kepada pasien agar masyarakatpun merasa yakin dan percaya bahwa pelayanan ini baik untuk diterapkan kepada seluruh pelayanan kesehatan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hermawati
      3A
      1815401181102
      Materi yang sangat penting untuk memotivasi kepada kita khususnya mahasiswa kebidanan dan bidan lainnya yang bekerja dan mempunyai klinik mandiri . Mutu pelayanan kebidanan yang dapat diterapkan oleh bidan agar dapat memberikan pelayanan yang puas dan memuaskan kepada pasien agar masyarakatpun merasa yakin dan percaya bahwa pelayanan ini baik untuk diterapkan kepada seluruh pelayanan kesehatan lainnya

      Hapus
  55. Nama : Mai Yulianie
    NIM : 1815401181111
    kelas : 3B

    Terimakasih untuk materi yang telah diberikan. Mata kuliah mutu layanan kebidanan sangat bermaanfaat untuk dijadikan untuk ilmu di masa depan jika membuka klinik atau bpm,sehingga pelayanan yang diberikan dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat.

    BalasHapus
  56. Nama : Nur Wahyuni
    Kelas : 3A
    Nim : 18.15.4011.81123

    Terima kasih ibu atas ilmu yang telah di berikan, jika suatu saat nanti saya mempunyai klinik/ bpm sendiri dan bahkan hanya sebagai karyawan di tempat tenaga kesehatan saya akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan kepada masyarakat. Agar masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan tersebut.

    BalasHapus
  57. Nama : febi Oktapiani (3A)
    Nim : 1815401181098
    Terima kasih ilmunya ibu karna mutu pelayanan kebidanan sangat penting untuk menjalankan kode etik kebidanan apabila saya mempunyai BPM kelak saya akan memberi mutu pelayanan terbaik kepada masyarakat 👍🏻🙏🏻😊

    BalasHapus
  58. Nama : Mulyana
    Nim : 1815401181116
    Kelas: 3b
    Mutu pelayanan kesehatan sangat memiliki peran besar disetiap sarana pelayanan kesehatan karena menjadi salah tolak ukur penilaian suatu kuliatas pelayanan kesehatan sehingga masyarakat dapat memperoleh kepercayaan tinggi dan kepuasan terhadap pelayanan yang kita berikan.

    BalasHapus
  59. Nama : sitinursiahangelia
    Kelas : 3A
    Nim : 1815401181141

    Terimakasih ibu atas ilmu yang bermanfatrt
    Jika saya mempunyai bpm/klinik mandiri saya akan berusaha untuk mancapai kepuasan pasien dan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat dengan cara meningkatkan mutu layanan kebidanan

    BalasHapus
  60. Nama : Debora
    Nim : 1815401181089
    Kelas : 3B
    Terima kasih ibu atas materinya..
    Mutu pelayanan kesehatan tersebut sangat penting bagi kita semua baik itu bidan dan masyarakat karena kode etik itu harus menjadi sebagian hal Yang wajib yang harus dilakukan secara baik dan kita sebagai tenaga kesehatan harus memberikan mutu pelayanan kesehatan yang baik,tepat dan benar agar masyarakat puas dan nyaman pada pelayanan yang diberikan.

    BalasHapus
  61. Nama : Julia astuti
    Kelas : 3A
    Nim : 18154011810106

    Jika nanti saya memiliki bpm saya juga akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan yang kita berikan kepada masyarakat harus baik.

    BalasHapus
  62. Nama: Kesya meri yasima
    Nim :1815401181108
    Kelas:3A
    Terima kasih ibu atas ilmunya yang sangat bermanfaat, Ketika saya memiliki BPM/Klinik sendiri saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kepuasan pasien 🙏

    BalasHapus
  63. Nama :yulian
    Kelas: 3b
    Nim :181540181175
    Mutu pelayanan kesehatan tersebut sangat penting bagi kita semua baik itu bidan maupun Masyrakat sehingga dapat meningkatkan kutu pelayanan lebih baik

    BalasHapus
  64. Nama : Dian Meilia
    Nim : 1815401181092
    Kelas :3a

    Terimakasih ibu atas ilmunya yang sngat bermanfaat buat kita sebagai calon tenaga medis masa yang akan datang. Mata kuliah mutu layanan kebidanan sangat bermaanfaat untuk dijadikan untuk ilmu di masa depan jika membuka klinik atau bpm,sehingga pelayanan yang diberikan dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi masyarakat.

    BalasHapus
  65. Nama : zilmi zakina
    Kelas :3A
    Nim : 1815401181149

    Terimah kasih banyak ibu atas ilmunya

    Menurut saya dengan adanya suatu metode pelayanan kesehatan bermutu membuat pasien menjadi lebih nyaman lagi ketika di layani dan juga merasa jauh lebih lengkap dengan fasilitas yang sudah di sediakan oleh tenaga medis, sehingga memiliki kepuasan tersendiri dan juga kenyamanan yang lebih bagi pasien yang telah di rawat dengan metode pelayan kesehatan bermutu tersebut.

    Terima kasih ibu😍

    BalasHapus
  66. Nama: kumalasari
    Nim :1815401181109
    Kelas :3A
    Terimakasih ibu atas ilmunya sangat bermanfaat karna mutu pelayanan kesehatan sangat memiliki peran penting setiap pelayanan kesehatan sehingga kepercayaan masyarakat yang tinggi dan kepuasan yang kita berikan

    BalasHapus
  67. Nama : Amalia Nurul Sida
    NIM : 1815401181083
    Kelas : 3A

    Menurut saya mutu layanan kesehatan sangat penting di dunia kesehatan karena termasuk kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan, yang dasarnya kesepakatan di antara kalangan profesi sehingga wajib digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan setiap kegiatan profesi seperti yang Ibu jelaskan di atas.

    Terimakasih Bu atas info/ilmu yang ibu berikan, semoga ilmu yg diberikan ini berkah dan bermanfaat untuk semuanya, amin.

    BalasHapus
  68. Nama : Berta Paredanun
    Nim : 1815401181088
    Kelas : 3A

    Sebelumnya saya berterimakasih banyak bu atas materinya sangat bermanfaat sekali...
    Mutu pelayanan kesehatan sangat penting dan memiliki peran besar baik bagi masyarakat dan kita sendiri sebagai bidan apalagi nanti ketika kita membuka BPM sendiri haruslah tetap menjalankan kode etik dengan baik dalam mengemban profesi kita sebagai bidan agar mutu pelayanan kesehatan tercapai.

    BalasHapus
  69. Nama : Desi Novia Anggraini
    Nim : 1811401181090
    Kelas :3A

    Sebelumnya terima kasih banyak atas materi yang disampaikan dalam artikel ini, semoga materi ini dapat bermanfaat dan memotivasi kita semua. Kesimpulan yang saya dapat dari materi ini adalah kita sebagai tenaga kesehatan harus selalu mengutamakan kepuasan pasie dalam setiap pelayanan, sehingga pasien dapat merasa nyaman dan memiliki rasa hubungan yang baik dengan tenaga kesehatan

    BalasHapus
  70. Nama:Sisilia Tipung
    Kelas:3B
    Nim:1815401181140

    Terimakasih ibu atas ilmunya,jika saya kelak mempunyai Klinik atau BPM saya juga akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan sebagai pelayanan kepada masyarakat bagaimana membimbing masyarakat yang kurang paham tentang mutu pelayanan ini.

    BalasHapus
  71. Nama : yuliani fitri
    Kls : 3A
    Nim :1815401181046
    Terimakasih banyak ibu atas ilmu yang diberikan,menurut saya mutu layanan kesehatan sangat bermanfaat dan penting bagi tenaga kesehatan dan jika saya mempunyai bpm dan klinik saya akan terapkan mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan standar dan kode etik karna jika masyarakat puas dengan pelayanan kita itu sangat membatu untuk meningkatkan hal yang lebih baik lagi dan memotivasi diri sendiri.

    BalasHapus
  72. Nama : Octavia Dewi Umaya
    NIM : 1815401181125
    Kelas : 3B

    Terima kasih banyak ibu untuk ilmunya.
    Terkhusus untuk kami calon bidan dimasa yg akan datang sangat wajib bagi kita untuk meningkatkan mutu pelayanan.
    Mutu pelayanan kebidanan menunjukan pada tingkat kesempurnaan pelayanan dalam menimbulkan rasa puas pada klien.Untuk menurunkan angka kematian ibu(AKI) dan Angka kematian bayi (AKB) perlu peningkatan standar dalam menjaga mutu pelayanan kebidanan. Ujung tombak penurunan AKI dan AKB tersebut adalah tenaga kesehatan , dalam hal ini adalah bidan. Untuk itu pelayanan kebidanan harus mengupayakan peningkatan mutu dan memberi pelayanan sesuai standar yang mengacu pada semua persyaratan kualitas pelayanan dan peralatan kesehatan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

    BalasHapus
  73. Nama : paskalinda Hipui
    Nim : 1815401181127
    Kelas: 3A

    Jika kita mempunyai kelinik/BPM kita harus meningkatkan mutu pelayanan kebidanan menurut kode etik yang ada agar pasien ataupun masyarakat merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang kita berikan kepada mereka.

    BalasHapus
  74. Nama : Desi Novia Anggraini
    Nim : 1811401181090
    Kelas :3A

    Sebelumnya terima kasih banyak atas materi yang disampaikan dalam artikel ini, semoga materi ini dapat bermanfaat dan memotivasi kita semua. Kesimpulan yang saya dapat dari materi ini adalah kita sebagai tenaga kesehatan harus selalu mengutamakan kepuasan pasie dalam setiap pelayanan, sehingga pasien dapat merasa nyaman dan memiliki rasa hubungan yang baik dengan tenaga kesehatan

    BalasHapus
  75. Nama: Fadilah F.M Umar
    Nim :18154011811096
    Kelas :3B
    Terimakasih ibu atas ilmunya sangat bermanfaat jika saya memiliki BPM saya juga akan menerapakn mutu pelayanan kebidanan yang kita berikan kepada masyarakat dengan baik dan nyaman
    Karena mutu pelayanan kesehatan sangat memiliki peran penting setiap pelayanan kesehatan sehingga kepercayaan masyarakat yang tinggi dan kepuasan yang kita berikan

    BalasHapus
  76. Merita paryanti
    kelas 3b
    1815401181114
    Terimakasih ibu atas ilmu kebidanan yang telah diberikan..
    Alhamdulillah bisa menjadi pedoman untuk kita semua sebagai calon bidan yang nantinya akan memberikan pelayanan kepada pasien langsung..Sangat penting sekali memberikan pelayanan kepada pasien sesuai kode etik kebidanan, tidak hanya keterampilan kita bekerja namun rasa kepedulian dan etika berbicara dan tingkah laku bidan terhadap masyarakat yang tentunya dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan

    BalasHapus
  77. Nama : Anik Rahmawati
    Nim : 1815401181084
    Kelas: 3A
    Terimakasi banyak ibu untuk ilmunya.
    Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di rumah sakit atau puskesmas secara wajar, efisien, dan efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai norma, etika, hukum, dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah, serta masyarakat konsumen.

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. nama: nur amelia sanusi putri
    nim: 1815401181121
    kelas: 3b

    terima kasih ibu materinya yg bermanfaat.
    pelayanan keaehatan ternyata tidak hanya berpatokan pada sarana dan prasaran namun juga memperhatikan mutu pelayanan baik secara langsung pada pasien dan keluarga maupun tidak. mutu pelayanan juga memberikan garis besar pada setiap pelayanan kesehatan akan pentingnya kode etik dalam kesepakatan pelayanan profesi tanpa terkecuali.

    BalasHapus
  80. Safia Putri Melani
    Kelas 3B
    1815401181137
    Terima kasih ibu atas ilmu yang ibu berikan tentang pelayanan kesehatan bermutu kita menjadi tau konsep untuk tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang memuaskan harapan dan kebutuhan masyarakat atau pasien, melalui pelayanan yang efektif oleh pemberi pelayanan sehingga bisa kita aplikasikan pada saat bekerja karena Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah langkah terpenting untuk meningkatkan daya saing usaha di sektor kesehatan.karena menurut saya hal ini tidak ringan karena peningkatan mutu tersebut sangat penting bukan hanya untuk rumah sakit saja tetapi berlaku untuk semua tingkatan pelayanan kesehatan mulai dari Puskesmas Pembantu dan Puskesmas, dan BPM baik di fasilitas pemerintahan maupun swasta

    BalasHapus
  81. Roswita Devung(3A)(1815401181135)
    Artikel ini sangat membantu jika saya bekerja nanti,karna KEPUASAN pasien merupakan hal yang sangat penting dalam menilai mutu pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  82. Nama : April linda yanthy
    Nim : 1815401181086
    Kelas : 3 B
    Terimakasih ibu atas ilmunya,jika saya kelak mempunyai klinik/bpm saya akan menerapkan mutu pelayanan kebidanan sebagai pelayanan kepada masyarakat dan sebagai tenaga kesehatan kita memberikan mutu pelayanan kesehatan yang baik,tepat dan benar agar menjadi suatu kepercayaan bagi kita untuk masyarakat.

    BalasHapus
  83. Nama : Dewi natalia
    Nim : 1815401181091
    Kelas : 3B
    Terimakasih ibu atas ilmunya,sangat penting bagi tenaga kesehatan memiliki kode etik dalam melayani pasien dan kelak nanti semoga melalui ilmu yang telah dibagikan bisa diterapkan setiap pembaca dikemudian hari untuk kepuasan pasien

    BalasHapus
  84. Nama : Inda Sri Wahyuni
    Nim : 1815401181103
    Kelas : 3A
    Terimakasih ibu atas ilmu nya, artikel ini sangat lah penting dan membantu sebagai pedoman dalam tenaga kesehatan memiliki kode etik dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pasien.

    BalasHapus
  85. Nama : kartini
    Nim : 1815401181107
    Kelas : 3B
    Terimakasih ibu atas ilmu nya, artikel ini sangat membantu sebagai pedoman dalam tenaga kesehatan memiliki kode etik dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik terhadap pasien.

    BalasHapus
  86. nama : widya maulida
    Nim : 1815401181143
    kelas : 3B
    terima kasih ibu atas ilmunya alhamdulillah sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa kesehatan agar lebih memperhatian kode etim terhadap pasien dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

    BalasHapus
  87. nama : septiana
    nim: 18401181138
    kelas : 3A
    Ketika kita mempunyai klinik atau bpm sendiri. Mutu pelayanan yg kita berikan kepada masyarakat hrs baik, sebagai bidan kita harus mejelaskan tentang apa itu mutu pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat paham dan kita sebagai bidan harus berkomunikasi yang baik Kepada masyarakat agar masyarakat tersebut percaya kepada kita dan yakin akan pekayanan kita.

    BalasHapus
  88. Nama: Rini Hartini
    Nim . 1815401181132
    Kelas :3b
    Disaaat saya mempunyai klinik atau blm sendiri. Mutu pelayanan yg bisa kami berikan kepada masyarakat hrus tetap dgn baik, sebagai bidan kta hrus memberikan informasi tentang apa itu mutu pelayanan guna masyarakat bisa mudah mengerti dan kta sbgai bidan hrus memberikan komunikasi yang baik kepada masyarakat sekitar sehingga masyarakat nya percya Kpda kta dan yakin untk slalu menggandalkn pelayanan kta dalam praktik klinik maupun bpm

    BalasHapus
  89. Nama : Ita Suryani
    Nim: 1815401181104
    Kelas : 3b
    Terimakasih atas materinya ibu, semoga ilmunya dapat kami terapkan sampai kapanpun dan dimana pun karena memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas serta yang terbaik adalah kepuasan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan kitaa.. Semoga kita sebagai bidan memberikan pelayanan terbaik serta penuh dengan keikhlasan dan selalu meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer